Biografi Fatmawati Soekarno Penjahit Bendera Merah Putih

Biografi Fatmawati Soekarno – Ibu Fatmawati adalah salah satu perempuan yang ikut memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Fatmawati adalah putri tunggal dari pasangan H. Hasan Din dan Siti Chadijjah. Bapak Hasan merupakan tokoh Muhammadiyah di daerah Bengkulu. Ibu Fatmawati lahir di Bengkulu, 5 Februari 1923. Ketika Fatmawati masih kecil ia di sekolahkan di HIS, setelah itu melanjutkan sekolahnya di sekolah kejuruan yang di pegang oleh organisasi Katolik Belanda. Ketika di sana Fatmawati aktif berorganisasi  di Nasyiatul Aisyiah. Ketika disana Fatmawati berkenalan dengan Bung Karno. Setelah kenal tidak lama kemudian Bung Karno menikahi Fatmawati tetapi sebelum menikahi Fatmawati Bung Karno menceraikan istri pertamanya yaitu Ibu Inggit dengan baik-baik. Setelah itu diantara Fatmawati, Bung Karno, dan Ibu Inggit tetap terjalin dengan baik dan tidak ada pertengkaran sesamanya.

Setelahnya menikah di Jakarta  pada tahun 1943 Bung Karno dan Fatmawati di karuniai seorang anak pertamanya yang bernama Muhammad Guntur Soekarno Putra. Di dalam menjelang datangnya hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, Fatmawati juga ikut merasakan betapa sulitnya perjuangan pada masa itu dan akhirnya kemerdekaan pun datang. Bung Karno lah orang yang membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia dan diadakan pula upacara pengibaran Bendera Merah Putih secara sederhana. Bendera Merah Putih pertama kali dijahit sendiri oleh tangan Ibu Fatmawati Soekarno dan bendera merah putih tersebut sampai sekarang tetap di musiumkan dan disimpan dengan baik karena merupakan bendera pusaka. 

Dalam pembuatan bendera merah putih Ibu Fatmawati tidak langsung sekali jadi sebelum tanggal pengesahan beliau sudah membuat bendera Merah Putih akan tetapi ukuran nya masih terlalu kecil, akhirnya beliau membuat lagi dengan ukuran yang lebih besar yakni dengan ukuran 276 x 200 cm. Dan Ibu Fatmawati di bantu Lutfi Karyo dengan dicarikan kain warna merah. Pusat pemerintahan Republik Indonesia dipindahkan di Yogyakarta pada tanggal 4 januari 1946. Ibu Fatmawati sangat setia menemani Bung Karno kemanapun ia pergi karena inilah ibu Fatmawati banyak mendapatkan simpati dari masyarakat. Selain ramah dan baik hati Ibu Fatmawati juga mudah untuk bergaul dengan masyarakat. 

Ia sering mendampingi Bung Karno untuk berkunjung di berbagai Wilayah Indonesia ia juga kerap mengikuti kunjungan Presiden Di Negara Negara sahabat. Ibu Fatmawati juga sering mengadakan kegiatan sosial di Indonesia contohnya mengadakan pemberantasan buta huruf dan mendorong kegiatan kaum perempuan. Ibu Fatmawati juga ikut dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Wanita Indonesia. Ibu Fatmawati adalah keturunan dari kerajaan Indrapura Mukomuko. Karena ayah nya yaitu Hassan Din adalah keturunan ke 6 kerajaan Putri Bunga Melur. Arti dari Bunga Melur sendiri adalah putri yang cantik, sederhana, dan bijaksana sekaligus telaten .

Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.

Biografi Fatmawati Soekarno Penjahit Bendera Merah Putih | Arif Buana Putera | 4.5