Biografi Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar

Biografi Thomas Alva Edison – Thomas Alva Adison adalah orang yang berhasil menemukan Lampu Pijar pertama kali. Beliau adalah salah satu penemu yang sangat memberikan kontribusi dan pengaruh besar terhadap dunia. Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tanggal 11 Februari tahun 1847. Thomas dibesarkan di Port Huron Michigan. Ketika kecil dia tidak melanjutkan sekolah dasar nya sampai lulus dia bersekolah hanya sekitar 3 bulan, hal ini terjadi karena guru sekolah Thomas memperingatkan untuk melakukan sekolah khusus saja. Menurut gurunya, Thomas termasuk murid yang sangat ketinggalan dan tidak mempunyai bakat. Melihat hal ini ibunya berniat untuk mengajari Thomas di rumah, kebetulan ibunya adalah seorang Guru.
Pemikiran Thomas memang berbeda dengan anak lainnya. Thomas kecil selalu menunjukan rasa ingin tau kepada sesuatu yang di anggapnya belum paham dan dia selalu ingin mencoba menemukan sesuatu yang baru. Salah satunya adalah membedah perut hewan, hal ini dilakukannya tidak untuk menyiksa binatang tersebut akan tetapi karena keingintahuannya yang besar. Bahkan, pada usia sebelas tahun dia berhasil membangun laboratorium sederhana di ruang bawah tanah milik ayahnya. Dan setahun setelahnya, Thomas berhasil menciptakan sebuah telegraf meskipun bentuknya primitif akan tetapi tetap berfungsi.
Percobaan yang ia lakukan tentu saja tidak membutuhkan biaya yang kecil, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut ia mulai bekerja berjualan koran dan permen di atas kereta api pada usia 12 tahun. Di dalam kereta api, Thomas tidak ingin membuang waktunya menjadi siasia. Dia meminta izin pada pemilik kereta api untuk mendirikan laboratorium kecil. Di sinilah, Thomas melakukan percobaan lagi dan membaca literatur ketika sedang tidak berjualan.
Pada tahun 1861 Thomas berhasil membuat koran dan mencetaknya sendiri yang di beri nama “Weekly Herald”, Thomas juga menemukan alat Elektric Vote Recorder, akan tetapi penemuannya ini tidak menarik perhatian orang-orang. Akhirnya, Thomas beralih mencari penemuan yang bersifat komersial. Pada tahun 1877, Thomas berhasil menemukan phonograph dan tahun itu juga dia mulai menyibukan dirinya untuk menemukan terobosan baru yang menjadi perhatian beberapa peneliti yaitu lampu pijar. Penemuan lampu pijar ini sangat berguna untuk semua manusia. Oleh karena itu, Thomas berusaha sekuat tenaganya untuk membuat lampu pijar yang lebih sempurna. Thomas menghabiskan sekitar 4.000 dollar untuk pembuatan lampu pijar ini.

Hal yang difikirkan oleh Thomas adalah bahan apa yang mampu berpijar ketika dialiri arus listrik akan tetapi tidak terbakar. Dia sampai mencoba 6.000 jenis bahan untuk penelitian ini. Dan akhirnya ia berhasil menciptakan lampu pijar yang dapat menyala selama 40 jam pada tanggal 21 Oktober 1879. Tidak hanya lampu pijar, masih banyak lagi penemuan-penemuan besar Thomas yang sangat bermanfaat untuk semua manusia. Dalam sejarah, Thomas Alva Edison adalah salah satu penemu terhebat di dunia.
Seluruh profil dan biografi yang ada pada situs ini di sadur dari berbagai sumber. Kami berusaha untuk memberikan informasi yang disampaikan seakurat dan benar, Kami memohon maaf jika informasi yang disampaikan masih terdapat kekeliruan atau kesalahan, Mohon untuk menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami atau melalui kotak komentar yang tersedia.

Biografi Thomas Alva Edison Penemu Lampu Pijar | Arif Buana Putera | 4.5