Fitur Asuransi Mobil dan Cara Klaimnya

Untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda empat pastinya anda ingin memberikan perlindungan terbaik untuk kendaraan anda.

Nah, Di bawah ini adalah fitur atau macam-macam jenis perlindungan untuk mobil anda:

  1. Untuk tipe perlindungan pertama, adalah all risk atau biasa disebut dalam istilah asuransi disebut dengan asuransi gabungan di mana tipe asuransi ini yang akan menjamin seluruh kerugian yang disebabkan kecelakaan berat, kecelakaan ringan, kehilangan aksesori di dalam mobil ataupun di luar serta penambahan dengan perusakan jenis lain, serta jika kendaraan anda hilang. Semua peluang yang terjadi pada kendaraan Anda akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Bahkan, perusahaan asuransi dapat membuat perlindungan roda empat Anda bila menabrak mobil milik orang lain, atau biasa dikenal dunia asuransi dengan sebutan Third Party Liability (TPL) yang masuk dalam kelompok lingkup tanggungan asuransi.
  2. Total Loss Only (TLO), asuransi kendaraan roda empat pada jenis ini hanya memberikan pertanggungan atau klaim jika kendaraan pihak tertanggung dicuri atau alami kerusakan, rusaknya yang dialamipun mencapai 75% ke atas hingga tak dapat digunakan lagi. Jadi, bila kendaraan mobil anda alami kecelakaan dan kerusaknya sampai 75%, penanggung atau perusahaan asuransi bakal memikul klaim asuransinya.

Namun selain itu, kehilangan yang dilakukan oleh pencurian serta bukan termasuk jenis penggelapan atau yang disebut juga total loss stolen bisa jadi tanggungan dalam asuransi jenis TLO.

Asuransi Mobil Terpercaya

Setelah anda mengetahui jenis atau macam-macam (fitur) perlindungan pada asuransi mobil anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memproses klaim yang sudah menajdi hak anda.

Berikut ini cara-cara yang bisa anda lakukan agar klaim mobil anda berjalan lancar:

1). Segera hubungi Asuransi mobil
Segera hubungi perusahaan asuransi kendaraan mobil anda jika terjadi sesuatu menimpa mobil anda seperti mengalami kecelakaan lalu-lintas, tindakan pencurian , dengan menghubungi asuransi mobil anda dalam waktu 3 x 24 jam melaui telpon, sms, email atau lebih baik langsung ke alamat kantor asuransi bersangkutan, ceritakan apa yang terjadi sejujurnya, bila cepat melaporkan agar segala bentuk pengajuan klaim di setujui atau tidak di tolak karena lambat memberikan informasi lengkap. lengkapi seluruh berkas pengajuan berkas klaim seperti pada polis asuransi.

2). Melampirkan foto kendaraan anda
Foto kendaraan anda yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan dan di rujuk ke bengkel resmi parner asuransi anda, foto mobil sebagai barang bukti kendaraan roda empat mengalami kerusakan atau kecelakaan.

3). Melapor ke pihak berwajib
Melapor pada pihak berwajib seperti kepolisian dan minta surat atau bukti berkas bahwa mobil anda mengalami kecelakaan di lalu-lintas atau mobil hilang oleh tindakan pencurian, berkas ini sebagai bukti kuat bahwa anda mengalami kecelakaan sebenarnya.

Fitur Asuransi Mobil dan Cara Klaimnya | Arif Buana Putera | 4.5