Panduan Praktis Merawat Benda Antik Berbahan Kayu

Succeeder.Net – Hobi mengoleksi barang antik memang menyenangkan. Kita pasti merasa gembira bila koleksi Barang-barang kesayangan terus bertambah. Terutama jika barang antik tersebut memiliki nilai ekonomis. Sudah pasti kita bisa jual barang antik yang kita miliki dengan harga yang lebih tinggi.

Cara Merawat Benda Antik Berbahan Kayu

Salah satu jenis benda antik yang mudah dirawat dan punya nilai ekonomis tinggi adalah kerajinan berbahan kayu. Tak perlu khawatir barang yang satu ini akan mudah rusak seiring dengan berjalannya waktu. Karena kita tinggal mengikuti panduan praktis ini saat merawatnya:

Jangan Sampai Benda Kayu Terkena Air

Air adalah musuh utama benda-benda antik berbahan kayu. Jadi, kita wajib menjauhkan air dari benda-benda kayu kesayangan kita. Jangan gunakan air untuk membersihkan permukaan kayu. Sebab air bisa mengakibatkan perubahan tekstur kayu. Akibatnya, kayu jadi lapuk dan mudah hancur bila sering terkena air.

Menyemprotkan Produk Anti Rayap

Serangan rayap akan membuat benda-benda anti berbahan kayu jadi mudah keropos dan hancur. Untuk mencegah hal ini, kita wajib menyemprotkan produk anti rayap pada benda-benda tersebut. Semprotkan secara merata lalu angin-anginkan hingga kering sempurna. Biasanya penggunaan produk anti rayap harus diulangi setiap 1 hingga 2 tahun sekali agar manfaatnya tetap maksimal. Benda-benda antik berbahan kayu yang sudah disemprot produk anti rayap akan memiliki tekstur kayu yang lebih kering dan tahan lama.

Menjauhkannya dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari bisa mengubah tekstur kayu dan membuat warnanya lekas pudar. Oleh sebab itu, kita wajib menjauhkan koleksi benda antik berbahan kayu dari paparan sinar matahari. Pastikan pula bahwa kita tak meletakkannya di sekitar jendela. Karena paparan sinar matahari yang melewati kaca jendela tetap berisiko merusak benda antik berbahan kayu.

Membersihkan Debu Secara Teratur

Debu-debu yang menempel pada benda antik berbahan kayu harus segera dibersihkan secara teratur. Kita bisa menggunakan kuas atau vacuum cleaner mini untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dibersihkan. Lakukan hal ini minimal 3 hari sekali kalau benda-benda antik tersebut diletakkan di tempat terbuka.

Mengoleskan Produk Pembersih Kayu

Produk pembersih kayu biasanya mengandung minyak khusus yang dapat membuat benda-benda kayu semakin berkilau. Kita harus mengguakannya secara teratur minimal 1 bulan sekali untuk menjaga kualitas warna benda antik berbahan kayu. Jika tidak memiliki produk pembersih kayu khusus, kita bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Teteskan sedikit minyak kelapa pada kain lap micro fiber kemudian usapkan pada seluruh permukaan kayu. Lalu angin-anginkan benda kayu tersebut hingga minyaknya mengering sempurna.

Setelah memahami ulasan panduan kali ini, kita tak akan kesulitan lagi merawat benda-benda antik berbahan kayu. Pastikan kalau kualitas benda koleksi kita senantiasa terjaga. Supaya penampilannya tetap menarik dan nilai ekonomisnya terus bertambah.

Panduan Praktis Merawat Benda Antik Berbahan Kayu | Arif Buana Putera | 4.5