Beda Warna Asap Knalpot, Berbeda Pula Masalah Mobilnya

Succeeder.net – Knalpot merupakan salah satu elemen penting pada mobil. Saluran pembuangan ini turut mempengaruhi kinerja mobil kesayangan kita secara keseluruhan. Oleh sebab itu, asap yang keluar dari knalpot mobil tak boleh dianggap remeh. Sebab asap tersebut dapat mengindikasikan masalah yang sedang terjadi pada mobil kita.

Arti dan Penyebab Warna Asap Knalpot Berbeda

Beda warna asap knalpot, maka berbeda pula masalah mobilnya. Sebaiknya Anda mencermati informasi ini agar dapat mengenali masalah mobil sedini mungkin:

Asap Abu-Abu

Warna asap yang satu ini biasanya dianggap biasa oleh para pemilik mobil. Padahal asap abu-abu dari knalpot mobil juga bisa menunjukkan masalah serius. Hanya saja masalah kerusakan mobil ini lebih sulit dideteksi. Biasanya sistem pembakaran oli yang bocor atau kualitas turbo yang buruk memicu timbulnya asap abu-abu. Sedangkan pada mobil matic, asap abu-abu bisa mengindikasikan persneling yang mulai terbakar mesin.

Asap Putih

Asap putih sebenarnya normal bila tidak terlalu pekat. Sebab warna putih tersebut berasal dari hasil kondensasi pada sistem pembuangan mobil. Asap putih yang normal biasanya akan lekas menguap dan teksturnya pun tidak terlalu pekat. Namun asap putih pekat tentu menunjukkan masalah serius, misalnya kerusakan packing head, blok mesin, atau silinder head. Sehingga kinerja mesin membebani komponen coolant mobil. Jika dibiarkan begitu saja, kemungkinan besar mobil akan mudah mengalami overheating bahkan mogok tiba-tiba saat dikendarai.

Asap Biru

Tentu tak banyak orang yang tahu kalau knalpot mobil juga bisa menghasilkan asap biru. Hal ini disebabkan oleh katup sil atau ring piston yang aus sehingga oli mobil pun jadi bocor. Jangan sampai kebocoran oli bertambah parah. Segera lakukan proses servis jika menemukan warna biru pada asap knalpot mobil kesayangan kita.

Asap Hitam

Proses pembakaran yang berlebihan akan menimbulkan asap hitam pada knalpot mobil. Kalau hal ini terjadi, kita wajib segera memeriksa komponen filter udara, injeksi bahan bakar, dan regulator tekanan bahan bakar. Kemunculan asap hitam tentu akan menyebabkan pemborosan bahan bakar ketika mobil digunakan.

Selain memeriksa komponen mobil secara teratur, kita juga wajib melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil berkualitas. Supaya mobil kita mendapatkan proteksi dari hal-hal tak terduga seperti kecelakaan, pencurian, atau kerusakan akibat bencana alam. Lindungi mobil kesayangan sehingga kondisi finansial kita tidak terganggu saat mobil tiba-tiba bermasalah.

Beda Warna Asap Knalpot, Berbeda Pula Masalah Mobilnya | Arif Buana Putera | 4.5