Apa Itu Hipertensi?

Succeeder.net – Hipertensi bisa disebut juga sebagai tekanan darah tinggi merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh berada dalam keadaan yang tidak normal. Perlu diketahui bahwa angka normal dari tekanan darah terdapat pada angka 120/80. Bisa dikatakan hipertensi ketika tekanan darah mencapai 140/90 atau lebih. Banyak orang yang tidak tahu ketika dirinya mengalami hipertensi karena tidak merasakan atau kurang peka terhadap ciri-cirinya serta enggan menggunakan alat pengukur tekanan darah untuk mengetahui berapa tingkat tekanan darah. Padahal, banyak para ahli menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mengetahui dan memperbaiki kesehatan ialah dengan cara mengukurnya. Dalam hal ini, pengukuran tekanan darah merupakan cara terbaik dan biasa dilakukan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh.

Apa yang dimaksud dengan Hipertensi

Apabila memiliki hipertensi yang tidak ditangani secara baik atau tanpa ditangani sama sekali, membuat membuatnya terkena berbagai ancaman penyakit mengerikan, dari mulai penyakit jantung, stroke, adanya gangguan kesehatan serta terjadinya kerusakan pada ginjal. Adapun, beberapa hal yang bisa menyebabkan salah seorang terkenan hipertensi ialah yang tidak memiliki pola hidup sehat seperti kelebihan berat badan, perokok, penikmat alkohol, suka kurangnya memakan makanan yang mengandung asin dan kalsium atau kalium atau magnesium. Selain itu kurangnya aktivitas seperti olahraga dan faktor usia diatas 55 tahun merupakan bahan bakar yang efektif untuk hipertensi cepat datang. Adapun, hipertensi pun bisa cepat datang apabila ada salah satu anggota yang mengidap hipertensi,diabetes dan penyakit jantung.

Dari sekian banyak hal yang bisa menyebabkan hipertensi, maka beberapa hal ini bisa dikatakan sebagai cara untuk mencegahnya, diantaranya; memiliki pola makan sehat, memiliki pola hidup sehat, hindari rokok, alkohol, berolahraga dengan teratur. Adapun, secara berkala melakukan cek tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah baik itu di rumah maupun di tempat dokter agar bisa mengetahui kondisi tubuh terkini. Apabila hasilnya sudah terlihat, maka akan dengan mudah untuk menentukan cara yang mesti diambil atau dillakukan. Ingatlah, bahwa hipertensi bisa dihindari dengan keinginan kuat dari kita untuk menghindari penyebab-penyebabnya.

Apa Itu Hipertensi? | Arif Buana Putera | 4.5