Yuk, Bermain Bersama Lumba-lumba di Pantai Lovina Bali

Succeeder.net – Jika mendengar Pantai Lovina, Anda pasti masih bertanya-tanya, apakah dan dimanakah itu? Karena destinasi yang satu ini memang belum sepopuler yang lain. Tapi, pantai ini ada di Bali, loh. Popularitasnya memang tak semasyur Kuta, Sanur, Uluwatu atau destinasi yang sudah mendunia lainnya di Pulau Dewata. Tapi, soal apa yang Anda dapatkan dari Pantai Lovina, tak akan kalah dengan nama-nama besar itu.

Pantai Lovina Bali

Sumber: liputan6.com

Lovina sempat kalah tenar, memang. Meski sempat dibekukan operasionalnya, tapi Lovina kini semakin populer. Nama Lovina sendiri adalah akronim ‘Love Indonesia’. Setelah dibangkitkan kembali, pantai ini menjadi salah satu primadona di Bali Utara. Tapi, sebenarnya ‘Love Indonesia’ adalah bentuk ungkapan lain. Ina dalam bahasa Bali artinya ibu. Maka ‘Lovina’ sebenarnya adalah ‘Cinta Ibu’ yang akhirnya diperluas lagi maknanya menjadi ‘Cinta Ibu Pertiwi’.

Maka, jika Anda adalah traveler yang sudah berkeliling Indonesia atau bahkan sudah menyusuri sebagian besar belahan dunia, tapi jika belum ke Lovina, maka ‘Anda tak Cinta Ibu Pertiwi?’ Karena itu, jika ada tiket promo ke Bali, jangan disia-siakan dan pastikan Pantai Lovina menjadi salah satu destinasi yang akan anda kunjungi.

Anda juga tak perlu khawatir untuk tempat tinggal selama di Bali. Bali punya ribuan penginapan. Silahkan booking kamar hotel online, sebelum Anda berangkat. Salah satu situs penyedia kebutuhan anda ini adalah reservasi.com.

Lovina sebelumnya adalah nama sebuah penginapan, yang ternyata sangat sepi pengunjung. Adalah Anak Agung Panji Tisna yang terinspirasi dari perjalanannya ke India, akhirnya membangun sebuah lokasi wisata di atas tanah miliknya, dengan sebuah pondok kecil, hanya berkapasitas 3 kamar dan satu restoran sederhana.

Penginapan itu diberi nama Lovina. Tapi, tahun 1953 bukanlah masa yang tepat untuk membangun sebuah lokasi wisata. Belum banyak penggemar kala itu. Akhirnya, banyak pengamat yang pesimis dengan aksistensi usaha penginapan yang dibangun tepat di bibir pantai itu.

Karena sepi peminat, Panji Tisna lalu memindahtangankan usaha ini ke sepupunya Anak Agung Ngurah Sentanu. Lalu, Bisnis Pondok Wisata Lovina terus berlanjut, meski tetap sepi. Hanya beberapa turis asing, dan pejabat pemerintah yang sesekali datang kesana. Agak ramai ketika hari libur atau hari raya saja. Parahnya, pada tahun 1960, ibukota Provinsi Bali kala itu Singaraja, dipindahkan ke Kota Denpasar. Imbasnya, ekonomi di Singaraja Buleleng sangat terpuruk.

Namun setelah tahun 1980 kala Bali mulai menggeliat, ‘Pondok Wisata Lovina’ sudah tidak ada. Ia sudah berganti nama menjadi ‘Permata Cottages’. Tapi semua orang tak lupa jejak Lovina yang memprakarsai lokasi wisata di Bali Utara itu.

Maka, banyak pendapat kemudian mendukung kembalinya Lovina, yang sampai sekarang dikenal dengan ‘Lovina Beach Hotel’. Sejak saat itu pula, Lovina dipakai menjadi nama 6 pantai sekaligus. Pantai-pantai itu berada di dua wilayah kecamatan yang bertetangga yaitu Buleleng dan Banjar.

Buleleng punya 5 pantai. Binaria di desa Kalibukbuk, Banyualit di Banyualit, Kubu Gembong di desa Anturandan, Pantai Hepi di desa Tukadmungga, dan Penimbangan di desa Pemaron. Sedangkan Pantai Tukad Cebol di Kampung Baru ada di Kecamatan Banjar. Ke-6 pantai itu bergabung secara resmi dalam ‘Kawasan Wisata Pantai Lovina’ atau bisa juga disebut ‘Kawasan Wisata Kalibukbuk’.

Jika Anda berkunjung kesini, Anda akan merasakan ‘Bali yang lain’. Karena Lovina tidak menawarkan sesuatu yang kebanyakan sudah ditawarkan destinasi lain. Pantai ini masih jauh dari hiruk pikuk dan padatnya wisatawan. Justru, hal ini malah yang menjadi penarik wisatawan ke sini. Kalau anda juga tertarik untuk mengunjunginya, anda bisa mendapatkan tiket promo ke Bali yang saat ini sangat banyak, dan hampir semua maskapai menyediakannya. Termasuk booking kamar hotel online di Reservasi.com bisa Anda lakukan saat ini jika tertarik bermain di Pantai Lovina.

Karena masih belum begitu ramai inilah, tak sedikit yang ingin mandi, berjemur dan menikmati suasana pantai di sini. Pantai ini masih sangat bersih, dan suasananya masih sangat tenang. Cocok untuk Anda yang menginginkan liburan yang tenang.

Pantai ini ada di sekitar 9 kilometer bagian barat Singaraja. Tepatnya di Desa Kaliasem dan Kalibukbuk.

Ada hal unik yang akan Anda dapatkan disini. Lovina akan memberimu hadiah berupa segerombolan besar lumba-lumba. Iya, lumba-lumba ada di sini. Anda hanya cukup menyewa perahu nelayan, untuk lebih mendekat ke kumpulan lumba-lumba yang selalu menunjukan kejenakaannya.

Anda harus bangun pagi sebelum jam 05:30 WITA, agar tak tergesa-gesa. Anda akan berjalan dengan perahu sekitar 1 hingga 2 kilometer dari tepi pantai. Memang, tak setiap saat lumba-lumba pasti ada. Tapi jika ada nelayan yang melihat, maka semua wisatawan yang menaiki perahu akan dipanggil merapat dan menyaksikan lumba-luba dari dekat.

Selain menikmati kawanan lumba-lumba, Anda juga bisa menikmati biota laut di Lovina dengan menyelam atau snorkeling. Ragam ikan hias berwarna-warni akan memanjakan mata Anda.

Ikan-ikan itu cukup ramah, cantik dan menggemaskan. Tunggu apa lagi? Awal tahun 2018 ini, tepat untuk berwisata. Menjemput hari-hari panjang dan pekerjaan yang melelahkan pada tahun ini akan lebih ringan rasanya jika menikmati fasilitas tiket promo ke Bali, dan langsung menuju Lovina.

Yuk, Bermain Bersama Lumba-lumba di Pantai Lovina Bali | Arif Buana Putera | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better