Haruskah Menggunakan Pinjaman KTA untuk Menutup Hutang Kartu Kredit? Jangan Sampai Salah Langkah!

Melunasi hutang kartu kredit dapat dibereskan dengan bermacam cara.  Salah satunya dengan menggunakan kartu tanpa agunan atau pinjaman KTA yang berbunga rendah.

Memiliki kartu kredit yang bahkan lebih dari satu memang memiliki risiko yang tidak sedikit bila Anda tidak menggunakannya dengan bijak.  Misalnya, jika Anda jarang melunasi cicilan kartu kredit tepat waktu atau tidak membayar tagihan dalam jumlah minimal. Atau, sering memakai fitur tarik tunai dengan kartu kredit, dan lain sebagainya.

Kartu kredit adalah alat bantu transaksi pembayaran yang bisa memberikan banyak manfaat jika Anda mengetahui cara memanfaatkan secara optimal.  Sebaliknya, kartu kredit juga sudah banyak menjadi sumber bencana hanya karena penggunaan yang kurang bijak.

Bayar Kartu Kredit Menggunakan Pinjaman KTA

Jika Anda sedang menghadapi masalah tentang mengatasi utang kartu kredit yang sudah menumpuk, Anda bisa menggunakan kredit tanpa agunan (KTA) sebagai jalan keluarnya.  Namun sebelum memutuskan mengambil KTA untuk menutup hutang kartu kredit ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, yaitu :

  1. Status Tagihan Kartu Kredit
    Dengan pinjaman KTA, Anda bisa menyelesaikan tumpukan hutang kartu kredit selama statusnya masih belum macet. Bila status kartu kredit Anda sudah macet, akan sulit bagi Anda mengajukan pinjaman lagi termasuk dalam bentuk KTA.  Status Anda di Sistem Debitur Bank Indonesia atau yang biasa disebut BI Checking akan tercatat blacklist. Bank tidak akan memberikan pinjaman pada seseorang yang tercatat blacklist di BI Checking mereka.  Jadi, pastikan cicilan kartu kredit Anda tidak banyak masalah dan tidak termasuk kategori kredit macet.
  1. Pilih Pinjaman KTA Dengan Bunga Rendah
    Saat ini banyak lembaga keuangan dan bank penyedia produk kredit tanpa agunan (KTA) yang menawarkan berbagai promo menarik.  Banyak pilihan produk KTA ditawarkan dengan bunga rendah. Pastikan Anda mengetahui harga pinjaman KTA yang Anda pilih. Namun Anda jangan hanya memperhatikan bunga saja.  Anda juga harus menghitung berbagai macam biaya yang tercantum. Seperti biaya provisi, biaya tahunan, biaya administrasi, biaya keterlambatan cicilan hingga biaya pelunasan lebih cepat. Jangan sampai, langkah mengambil KTA untuk menutup hutang kartu kredit malah menjadi masalah baru.
  1. Sesuaikan Pinjaman Dengan Kemampuan Budget
    Hal penting yang perlu Anda ingat ketika hendak menyelesaikan persoalan hutang memakai hutang baru atau refinancing adalah pastikan Anda mengambil cicilan yang sesuai kemampuan anggaran (budget) Anda.  Beban cicilan yang wajar seharusnya maksimal sebesar 30% dari total pendapatan rutin Anda.
  1. Membuat Simulasi Perhitungan
    Buatlah simulasi perhitungan mengenai berapa jumlah pinjaman Anda dengan berapa jumlah hutang Anda.  Perhitungkan keduanya beserta cicilan per bulan yang harus Anda lunasi. Dengan adanya simulasi seperti itu, dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.  Ingat menutup hutang dengan hutang yang baru memerlukan perhitungan yang cermat, jangan sampai salah karena bisa berakibat jelek bagi keuangan Anda.
  1. Tidak Memakai Kartu Kredit Untuk Sementara Waktu
    Puasa memakai kartu kredit bisa menjadi alternatif pilihan.  Sementara Anda fokus membayar cicilan, berhentilah memakai kartu kredit paling tidak sampai cicilan Anda lunas.  Jika Anda tetap menggunakannya di khawatirkan itu akan tambah menumpuk hutang Anda. Setelah itu, Anda bisa mempertimbangkan lagi untuk menggunakan kartu kredit lagi dengan cara yang lebih bijak.

Penggunaan kartu kredit sebenarnya memberikan manfaat bagi Anda asal digunakan dengan bijak dan cermat.  Jika Anda melakukan kesalahan seperti terlambat membayar, menumpuk cicilan kartu kredit, tentu itu akan memperburuk kondisi keuangan.  Menutup hutang dengan hutang yang lain memang terdengar berisiko, namun jika Anda mengatasinya dengan benar dan baik, ini bisa menjadi solusi yang sangat membantu.

Haruskah Menggunakan Pinjaman KTA untuk Menutup Hutang Kartu Kredit? Jangan Sampai Salah Langkah! | Arif Buana Putera | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better