Mau Pinjam KTA untuk Modal Bisnis? Ini Syarat dan Tips Supaya Cicilannya Lancar

Menjadi seorang pengusaha muda yang sukses tentunya menjadi keinginan hampir semua orang, apalagi dengan memiliki usaha sendiri, kita akan memperoleh pendapatan dan juga keuntungan yang bisa melebihi gaji seorang karyawan. Namun untuk bisa sukses di usia muda tentu saja membutuhkan keyakinan dari dalam diri sendiri serta modal yang cukup untuk memulainya.

Kendala setiap pengusaha yang ingin memulai bisnis atau mengembangan usahanya biasanya terkait masalah modal. Karena modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah bisnis, tanpa adanya modal yang cukup, tentu bisnis apapun yang sedang dijalani tidak akan berhasil, untuk itulah agar mendapatkan modal yang cukup, biasanya para wirausaha melakukan pinjaman dana usaha. Salah satunya pinjaman uang dalam KTA.

Syarat Pinjaman KTA

Syarat Pinjaman KTA

Pinjaman KTA memang sangat cocok dijadikan sebagai modal awal ataupun tambahan modal untuk masyarakat yang ingin memulai bisnisnya, namun sayangnya akan banyak sekali resiko yang didapat, apabila pinjaman tersebut terkendala oleh beberapa hal seperti misalnya saja keterlambatan pembayaran, dan tentunya hal tersebut akan sangat mengotori nama perusahaan Anda pada daftar hitam perbankan.

Dengan masuknya perusahan pada daftar hitam bank tentunya akan berimbas dengan sulitnya Anda untuk bisa mendapatkan dana pinjaman di kemudian hari. Untuk itu agar usaha bisa tetap lancar serta pembayaran cicilan pun tidak akan mengalami kesulitan, berikut ada beberapa tips agar pinjaman dana modal usaha Anda bisa tetap lancar. Diantaranya:

  1. Melakukan Perencanaan dengan Matang

    Memiliki rencana kemajuan usaha tentunya sangat penting dilakukan dalam sebuah usaha, karena sebagai pemilik usaha Anda sudah memiliki tujuan mengenai modal yang akan dipinjam ke bank nantinya.

    Karena sebelum melakukan pinjaman, memang lebih baik kita menyusun rencana mengenai jenis usaha apa yang akan dilakukan, dan apakah modal tersebut akan dijadikan sebagai modal awal, ataupun sebagai pengembangan bisnis yang sudah berjalan. Dan alangkah baiknya bagi Anda yang baru akan memulai bisnis, lakukan bisnis atau usaha yang memang sesuai dengan passion Anda.

  1. Mengikuti Alur Rencana

    Ketika melakukan pengajuan pinjaman ke bank, tentunya Anda sudah memiliki tujuan pada dana yang akan dipinjam tersebut, namun sayangnya tidak sedikit yang berubah haluan ketika sudah menerima pinjaman uang yang cukup besar, malah rencana tersebut hilang begitu saja, dan dana yang dipinjam digunakan tidak sesuai dengan tujuan awal.

    Hal tersebut tentunya bukanlah cara yang tepat, untuk itu perlunya perencanaan dan juga konsistensi Anda agar tidak menggunakan dana diluar jalur yang sudah ditetapkan, sehingga pada akhirnya uang yang akan dijadikan modal usaha tersebut akan bisa tetap berputar dan tidak akan habis dengan percuma.

  1. Membuat Catatan Keuangan Usaha

    Sebagai seorang pebisnis muda tentunya ada hal-hal penting yang harus dilakukan seperti salah satunya membuat catatan keuangan usaha, dalam hal ini memang dibutuhkan pencatatan secara jelas mengenai pengeluaran, pemasukan dan juga besaran hutang yang perlu dibayarkan tiap bulannya, bahkan hal yang terkait dengan cicilan perbulannya pun harus Anda catat di dalam kas perusahan. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa dengan mudah mengatur keuangan usaha Anda dan melihat juga keuntungan serta sisa hutang yang harus dibayarkan pada pihak bank.

  1. Selalu Disiplin dan Semangat

    Setiap pelaku bisnis di manapun pasti memiliki permasalahan nya masing-masing bahkan hal tersebut juga tidak jarang membuat usaha nya mengalami fluktuasi. Untuk itu diperlukannya kerja keras serta semangat yang tinggi agar usaha yang sedang dijalani tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Jangan pernah menyerah jika pada awal usaha belum menghasilkan keuntungan yang banyak, karena yang namanya usaha akan memiliki profit yang besar seiring dengan berjalannya waktu. Yang terpenting adalah selalu disiplin mengenai pembayaran angsuran dan menabung dari hasil usaha yang didapatkan.

Beberapa Kelengkapan Syarat Pinjaman KTA

  • Foto copy kartu tanda penduduk asli.
  • Foto copy kartu keluarga.
  • Foto copy NPWP.
  • Memiliki pendapatan tetap dengan bukti slip gaji atau SIUP.
  • Buku tabungan rekening usaha bagi pemilik usaha.

Pinjaman KTA memang selalu bisa dijadikan sebagai solusi kebutuhan dana masyarakat, salah satunya untuk kebutuhan modal usaha. Untuk memiliki usaha yang baik dan lancar tentunya dibutuhkan konsistensi pemilik usaha agar bisa tetap yakin dengan usaha yang sedang dijalani, dan jangan lupa untuk tetap disiplin dalam melakukan pembayaran angsuran cicilan hutang pada pihak bank.

Untuk itu jangan pernah ragu menggunakan fasilitas KTA untuk mengembangkan usaha milik Anda ataupun dijadikan sebagai modal usaha, agar nantinya usaha yang sudah dilakukan mengalami perkembangan profit dan juga bagi Anda yang baru saja memulai usaha bisa belajar menjadi seorang pengusaha pada usia muda.

Mau Pinjam KTA untuk Modal Bisnis? Ini Syarat dan Tips Supaya Cicilannya Lancar | Arif Buana Putera | 4.5
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better